Minggu, 18 Maret 2012

Belajar Caranya Belajar

Saya termasuk orang yang bosanan alias gampang bosan. tapi saya belajar mengatasinya dan yang membuat saya dapat mengatasi kebosanan ternyata dengan memiliki banyak minat pada banyak topik pembelajaran.

Tapi tidak semua orang mampu menampung jumlah informasi yang dia sukai untuk di dapatkan.

Sebenarnya kata kuncinya adalah kemampuan belajar. Banyak orang yang mau dan suka untuk dapat belajar tapi sedikit yang memulai Belajar dengan Belajar Caranya Belajar

Persinggungan saya dengan sahabat-sahabat sepengajian saya pada tahun 2000 sampai 2006 yang rata-rata adalah guru dengan pengalaman extraordinary membuat saya mendapat banyak ide dan pembelajaran tentang belajar caranya belajar,

secara umum saya akan sampaikan yang mendasar dulu

1. Kebanyakan orang belajar kalau merasa butuh atau merasa dipaksa dan ini adalah merupakan pola yang ditanamkan oleh guru-guru masa lalu ( kalau yg sekarang harusnya tidak lagi karena sudah banyak bekal quantum ini dan anu ). Seharusnya belajarlah dari apa yang paling menarik perhatian kita karena kita akhirnya akan belajar dan membaca dengan penuh passionate (bahasa betawi : gairah )
2. Tidak mau memahami dirinya sendiri. Belajar alamiah akan menjadi sesuatu yang menyenangkan kalau pembelajar mau belajar terlebih dahulu siapa dirinya. kenali diri sendiri. kenali pola kerja optimal otak sendiri. Kalau punya modus kerja otak kuat di otak kanan belajarlah hal - hal secara garis besarnya dahulu baru turun ke detail sebaliknya dengan otak kiri
3. Terburu-buru ingin menguasai satu tema.. Santai saja dan lakukan dengan alamiah.

Anggaplah belajar seperti makan pizza atau bakso ( tapi hati-hati banyak bakso penuh msg bikin otak jadi karatan)

Segitu dulu deh, nanti saya buka lagi rahasia-rahasia belajar lainnya
Salam Hangat,
Muhammad Hakimmuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar